Sabtu, 19 Desember 2015

Hal-hal yang Seharusnya dihindari dari Blogger


 Hal-hal yang Seharusnya dihindari dari Blogger


Kalau kamu beneran mau jadi blogger profesional, harusnya sih menghindari hal-hal ini lho,


1. Melakukan plagiasi

Melakukan plagiasi adalah hal termemalukan di dunia kreatif mana pun. Sungguh, hal ini gak keren banget! Kalau pun ada Kawancut yang suka memplagiasikan tulisan Kawancut lain, wah berarti ia harus malu, ngapain masuk Kancut Keblenger kalau gak kreatif gitu? Bener gak?

2. Lebih mengutamakan template dan desain ketimbang tulisan

Template dan desain blog memang penting karena bisa menjadi impresi pertama blogger atau pembaca baru yang ke blog kamu. Tapi jangan sampai kamu hanya mengutamakan itu saja. Seimbangkan dengan konten tulisan blog yang konsisten diisi dan renyah buat dibaca. Perbarui terus wawasanmu dengan fenomena apa yang lagi terjadi di sekitarmu, karena hal tersebut bisa menjadi bahan menulis dan bikin trafik tinggi.

3. Lebih mengutamakan kuantitas daripada kualitas 

Banyak loh blogger yang nulis blog 10 kali sehari karena mungkin menurut mereka menulis banyak itu keren. Iya bener sih keren, tapi jangan cuma dilihat dari jumlah, apakah tulisan yang dibikin layak untuk dibaca semua? Kalau semuanya cuma curahan hati sih... ya... kurang menarik buat ngegebet pembaca.

4. Lebih mengutamakan diri untuk cepat populer dan memiliki blog bertrafik tinggi

Suka sebel sama blogger yang memulai blogging karena ngikutin inspiratornya. Bukan buat bener-bener berkarya tetapi buat bisa menyaingi ketenaran si inspiratornya itu. Ampun deh, jangan diniatkan kayak gitu, ujung-ujungnya nanti gak enjoy blogging loh! Karena sesungguhnya kebanyakan blogger-blogger senior yang sukses itu bloggingnya pake hati, bukan biar populer!

5. Gak konsisten

Awalnya aja ngeblog setiap hari. Kesana-sananya cuma sebulan sekali. Ihhh cape deh! Yang ada pembaca setiap pada kabur ke blog tetangga sebelah loh!

6. Gak punya personal branding

Hari gini tuh saatnya kamu menjadi blogger yang memiliki indentitas yang jelas. Jangan cuma dikenal blogger biasa aja, tapi harus lebih spesifik. Apakah kamu dikenal sebagai blogger makanan yang imut, blogger komedi, blogger yang merangkap marketer, dan sebagainya. Ini pun harus dipikirin lagi bagaimana caranya biar kamu berbeda dengan blogger lainnya. Misalnya blogger komedi, nah mungkin kamu bisa mengkhususkan diri di bidang komedi yang berhubungan dengan nyinyirin pemerintah, percintaan, abege alay, dan sebagainya.

7. Jarang blogwalking dan mempromosikan tulisannya

Sayang banget kalau udah cape-cape nulis tapi tulisannya gak ada yang tau karena kamu gak pernah promosi tulisan! Mana kamu jarang blogwalking pula, hih! Gimana orang mau tau keberadaanmu di dunia blogging kalau kamunya begitu? Berasa ada dan tiada. Halah.

Hayooo jujur aja, poin-poin di atas mana aja yang kamu banget?
 _________________________________________________
Source : http://www.kancutkeblenger.com/2015/09/hal-hal-yang-seharusnya-dihindari-dari.html
Load disqus comments

0 komentar