Sabtu, 14 November 2015

KUDUS GOS (Go to OpenSource )

Seiring perkembangan teknologi ini, internet menjadi publik figur yang serba canggih, tekstual, aman dan tepercaya di kalangan masyarakat dalam mencari kebutuhan sehari-hari untuk mendapatkan akses ke media maya yang tanpa batas penggunanya.
Dengan adanya internet, semua manusia yang memiliki teknologi dengan terhubung di jaringan internet bisa mengakses dan mendapatkan informasi yang kita cari dengan mudah.
Dengan semakin canggihnya teknologi, perkembangan internet menjadi bagian hidup manusia bukan hanya pada apa yang diberikan tetapi juga karena informasinya yang dapat dengan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat.
Seperti yang kita lihat, para Pemuda dan Pemudi Kudus sangatlah antusias dan berkesinambungan di dunia maya dengan menggunakan perkembangan teknologi internet tersebut. Contohnya, Komunitas Kudus di Blogger. (www.bloggerkudus.com).
Perkembangan Perangkat lunak ( Sistem Operasi ) sangatlah pesat dari mulai berbayar maupun software gratis (opensorce). Berbagai macam produsen software mulai mengembangkan dari  segi keamanan (security), softwere berbasis vector yang mengembangkan dalam segi design (3D & 2D), dan  masih banyak lagi softwere yang berkembang pesat. Namun dari sebagian besar softwere merupakan aplikasi berbayar, yang dalam pemakainya setelah kita mencoba versi trial kita  harus melakukan pembelian dari sebuah aplikasi yang ingin kita gunakan atau sering disebut registrasi sehingga mendapatkan full version.
Untuk itulah artikel ini saya buat, bermaksud untuk memperkenalkan, serta mengajak pemerintah Kudus beserta parlemennya, dan masyarakat Kudus untuk berpindah kepada sistem operasi ubuntu serta merefleksikan perkembangan ubuntu dan pemanfaatannya tersebut dengan mengadakan rangkaian kegiatan atau prasarana publik yang bertujuan untuk mengimbangi kemajuan perkembangan teknologi internet tersebut. Yang utama saya jelaskan adalah sesuai dengan judul yang saya ambil yaitu tentang Kudus menuju Opensource atau sistem ubuntu. Sistem operasi ini masih sangat sedikit orang yang menggunakannya, namun sistem operasi ini berkembang pesat khususnya di kawasan Eropa. Di Indonesia sendiri khususnya meski belum banyak pengguna yang menyukainya ataupun melirik sistem operasi ini namun sudah ada komunitas yang menyediakan atau menjadi lembaga yang menampung atau membagi pengetahuan dan ilmunya.
Operating Sistem (OS) atau sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, Operating system menyediakan berbagai layanan bagi pemakai atau user untuk memudahkan penggunaan sistem operasi, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan aplikasi browser. Salah satu sistem operasi ini ada yang kita kenal dengan nama LINUX. Linux merupakan sistem operasi yang diadopsi dari UNIX dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternative dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows. Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server tau workstation. Arsitektur UNIX dan model client / server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer.
Software sistem operasi opensource yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. jadi anda di izinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopi dan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya. Dan itu semua legal di bawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.
Asal mula nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server. Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Property software. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajari, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetap ada software property yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas.
Ubuntu juga berfokus pada internasionalisasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak teratur melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan.
Kelebihan Ubuntu
1.Bebas virus , untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yang ber ext .exe untuk ubuntu sudah beda jadi virus dari os tetangga tidak akan berjalan di os Linux.
2. 3D Interface : efek 3D kita sering jumpai di OS tetangga seperti aero memerlukan aspek komputer yang tinggi tetapi ubuntu dengan aspek komputer yang tidak terlalu tinggi sudah bisa 3D
3. Kompatibilas : Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru, dari mulai USB modem, Wifi, dan perangkat lain.
4. Kemudahan Migrasi
5. Free alias gratis : tinggal download dari situs ubuntu dapat download.
6. User friendly : untuk orang awam sekalipun bisa memakai ubuntu.
Kekurangan Ubuntu
      Koneksi Internet : untuk Update dan Install ubuntu memerlukan koneksi internet sedangkan di Indonesia atau sendiri internet mahal.
2       Terbatasnya pengetahuan tentang Linux baik dari formal atau non formal karena Indonesia kurikulum pendidikan masih lebih banyak OS dari MS, biasanya kita belajar dari internet atau dari forum untuk mengetahui apa sih Linux itu.


Fitur yang digunakan pada Ubuntu
1.      Untuk multimedia kita bisa mainkan mp3 dengan Rythmbox Music Player, memainkan dvd film di movie player , pitivi editor untuk mengedit film.
2.      Untuk jejaring sosial bisa memakai im messeger seperti ym, msn, jabber, gtalk dengan pidgin dan emphaty , untuk jejaring sosial seperti facebook. twitter dll dengan Gwibber microblogging.
3.      Email dengan evolution, thunderbird.
4.      Browser dengan firefox, opera.
5.      Untuk efect 3d bisa menggunakan compiz dan emerald

6.      Untuk wifi sudah dilengkapi

____________________________________
Referensi:
-          www.bloggerkudus.com
-          Romi Satria Wahono, Cepat Mahir Linux, Tebal: 50 halaman, Bahasa: Indonesia
-          http://ilmukomputer.com

-          Anton Raharja, Afri Yuniantoro, Wisesa Widyantoro, Pengenalan Linux, Tebal: 36 halaman, Bahasa :Indonesia, editor: I Made Wiryana

Load disqus comments

0 komentar